Berita

BPI Berikan Apresiasi Kepada Wartawan Melalui Kompetisi Jurnalistik BPI 2017

Batang, 12 Juni 2017 – PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) memberikan penghargaan kepada wartawan dari berbagai media massa yang berhasil memenangkan Kompetisi Jurnalistik BPI (KJ BPI 2017). Kegiatan KJ BPI 2017 ini merupakan kegiatan lanjutan setelah training jurnalistik yang dilakukan pada Maret lalu. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pemberdayaan komunitas yang komprehensif serta dalam rangka menguatkan komunikasi dengan jurnalis lokal. 
 
Presiden Direktur BPI Takashi Irie mengatakan, KJ BPI 2017 ini digelar sejalan dengan komitmen BPI untuk tumbuh bersama komunitas sekitarnya, dimana salah satu bagiannya adalah para jurnalis. Program peningkatan kapasitas untuk komunitas ini telah dilakukan kepada sejumlah elemen komunitas, diantaranya adalah training untuk usaha kecil dalam rangka program pengembangan ekonomi, bidan desa untuk bidang kesehatan maupun guru untuk bidang pendidikan. 
 
“Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi rekan-rekan wartawan dalam KJ BPI 2017 ini. Kami berharap training dan kompetisi jurnalistik yang diadakan dapat mendorong rekan-rekan untuk terus mengembangkan diri dan menghasilkan karya-karya terbaik dalam menyajikan pemberitaan yang berimbang,” ujar Irie.
 
 
Pada KJ BPI perdana tahun ini, tema yang diangkat adalah Pembangunan PLTU Jawa Tengah Untuk Ketahanan Energi Nasional. Tema itu diambil dengan tujuan meningkatkan pemahama public tentang peran penting PLTU Jawa Tengah dalam mendukung upaya pemerintah  untuk memenuhi kebutuhan listrik nasional. 
 
Dalam kompetisi yang berlangsung mulai dari Januari hingga Mei 2017 ini, ada dua kategori yang dilombakan, yaitu Kategori Artikel Tulis dan Artikel Foto. Selain dua kategori tersebut, KJ BPI 2017 juga memberikan apresiasi terhadap wartawan yang paling aktif berpartisipasi dengan mengirimkan artikel terbanyak. Dalam KJ BPI 2017 panitia mendapatkan 231 artikel dan 35 berita foto yang selanjutnya diseleksi berdasarkan kategori dan dinilai oleh panel juri. 
 
Dalam pemilihan karya tersebut, KJ BPI 2017 melibatkan sejumlah wartawan senior yang memiliki pengalaman puluhan tahun, yakni Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah Amir Mahmud, Redaktur Foto Media Indonesia Sumaryanto Bronto, serta Media Relation BPI Ayu Windiyaningrum.
 
Dewan Juri KJ BPI 2017 Amir Mahmud menyampaikan apresiasinya pada BPI yang telah menginisiasi sesi pelatihan jurnalistik serta kompetisi bagi para wartawan. Menurutnya aktivitas tersebut sangat baik untuk membangun iklim kompetisi diantara jurnalis dalam menghasilkan ide-ide terbaik dengan mengedepankan prinsip-prinsip jurnalisme. 
 
Mengingat kegiatan ini sangat baik untuk menumbuhkan semangat persaingan positif diantara wartawan untuk menghasilkan karya serta ide terbaik. “Ada banyak perspektif yang dapat digali oleh wartawan dari sebuah informasi. Dengan terselenggaranya kegiatan seperti Kompetisi Jurnalistik BPI ini tentu dapat menumbuhkan semangat para pewarta untuk bisa mengolah dan menyajikan informasi menjadi sebuah pemberitaan yang inspiratif. Kedepan saya berharap BPI rutin mengadakan kegiatan seperti ini kembali,” jelas Amir ketika menghadiri acara di Pekalongan.
 
Berdasarkan hasil rekapitulasi penilaian para Juri, ditetapkan karya terbaik dan pemenang KJ BPI 2017 adalah sebagai berikut:
 
 
KATEGORI BERITA TULIS:
JUARA I
NAMA : HADI WALUYO
MEDIA : WAWASAN
JUDUL : LUMAYAN, PER BULAN DAPAT RP 500.000
 
JUARA II
NAMA : TRISNO SUHITO
MEDIA : SUARA MERDEKA
JUDUL : DESAIN PLTU AMAN DARI BANJIR DAN TSUNAMI
 
JUARA III
NAMA : M. DHIA THUFAIL
MEDIA : RADAR PEKALONGAN
JUDUL : PETANI MULAI MENIKMATI HASIL DARI LAHAN PENGGANTI
 
KATEGORI BERITA FOTO:
JUARA I
NAMA : AHMAD SAFUAN
MEDIA : MEDIA Indonesia
 
JUARA II
NAMA : AKHMAD SAEFUDIN
MEDIA : RADAR PEKALONGAN
 
JUARA III
NAMA : LUTHFI HANAFI
MEDIA : RADAR SEMARANG
 
“Kami berharap ajang ini bisa memberikan motivasi kepada wartawan untuk menumbuhkan semangat berkarya dan terus berupaya meningkatkan kemampuan. Selamat kepada para pemenang KJ BPI 2017,  kami yakin hasil karya rekan-rekan media mampu mencerahkan masyarakat, khususnya mengenai program sosial berkelanjutan yang diperuntukkan bagi warga Batang. Sampai jumpa di Kompetisi Jurnalistik BPI berikutnya,” terang Irie.